Investasi kayu jabon

Investasi kayu jabon memiliki masa depan yang cerah dalam mendatangkan keuntungan bagi para investor. Hal ini karena tanaman Jabon semakin diminati kalangan industri perkayuan sebagai bahan baku berbagai komoditi.

Di sisi lain, dengan adanya regulasi pemerintah yang membatasi pemanfaatan kayu hasil hutan alam, memperbesar peluang investasi kayu jabon untuk meraih laba yang besar. Karena adanya regulasi tersebut memaksa pelaku industri untuk beralih memanfaatkan kayu hasil hutan rakyat sebagai penggantinya.

Jabon sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dibudidayakan melalui tanaman hutan rakyat tersebut. Selain karena karakter tanaman jabon yang memang sesuai untuk bahan baku industri, jabon dipandang tepat sebagai salah satu cara untuk meraih keuntungan di masa mendatang.

Terlebih jika mengingat bahwa Jabon bukanlah sebuah jenis tanaman baru yang muncul belakangan. Sebab dalam sejarahnya, tanaman Jabon sudah ada di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda. Dimana pada masa itu, kayu Jabon banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat bubuk mesiu untuk perlengkapan perang para tentara.

Jabon juga bukan jenis tanaman yang hanya ada di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Antocephalus Cadamba Syn Antocephalus Chinensis ini juga banyak terdapat di beberapa negara lain seperti Malaysia, Filiphina, Myanmar hingga Sri Lanka. Itulah mengapa, kita tidak perlu takut untuk melakukan investasi kayu Jabon tersebut.

Pemanfaatan Jabon

Di luar negeri, kayu Jabon sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam komoditi yang berbahan dasar kayu. Hal ini karena mengingat karakter kayu Jabon yang ringan namun kuat dan memiliki tekstur halus sehingga cukup menarik jika digunakan untuk membuat berbagai macam artefak.

Kayu Jabon sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat alat perlengkapan rumah tangga, seperti meja, kursi atau juga rak. Di luar negeri, kayu jabon disukai karena karakternya yang ringan sehingga mudah untuk dibawa. Karena rumah di luar negeri banyak yang menggunakan arsitek bertingkat, sehingga peralatan dari bahan kayu Jabon ini mudah untuk dibawa.

Di sisi lain, industri kayu lapis pun pada saat ini cenderung memilih kayu Jabon sebagai pengganti kayu sengon untuk bahan dasar pembuatan kayu lapis. Hal ini karena kayu Jabon memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kayu sengon. Misalnya, jenis kayunya yang lebih putih, jumlah mata kayu yang tidak terlalu banyak, arah tegakan kayu yang lebih lurus dan yang paling penting adalah karakter serat kayu Jabon dinilai sesuai untuk pembuatan veneer pada industri kayu lapis. Sehingga kayu jabon ini banyak dimanfaatkan sebagai bagian muka dari kayu lapis.

Bagi para investor, mereka memiliki kesempatan lebih cepat dalam mendapatkan keuntungan atas investasi kayu jabon yang mereka keluarkan. Karena masa panen dari kayu Jabon ini cenderung lebih cepat. Dalam jangka waktu lima tahun, para investor bisa segera menikmati hasil panen dari tanaman Jabon tersebut.

Untuk luas lahan satu hektar, secara ideal bisa digunakan untuk menanam sekitar 1000 batang pohon Jabon. Dalam jangka waktu sekitar lima tahun, bisa didapatkan minimal 500 m3/ Ha. Dengan asumsi harga jual pohon Jabon per m3 adalah rata-rata Rp. 600.000

Maka bisa didapat angka Rp. 300.000.000.

Sementara, biaya yang dibutuhkan untuk proses menanam hingga perawatan kurang lebih didapat angka Rp. 30.000.000. Biaya yang dibutuhkan tersebut digunakan sebagai pembelian bibit, perawatan hingga masa panen, biaya penebangan dan pengangkutan menuju pabrik.

Dengan demikian, angka keuntungan yang bisa didapatkan per Ha, untuk penanaman sebesar 1000 batang pohon Jabon tersebut, kurang lebih mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 270.000.000. Angka ini didapat dari hasil penjualan pohon jabon dikurangi biaya yang dikeluarkan selama lima tahun. Artinya, setiap tahun investor bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 54.000.000.

Tentunya hasil ini cukup menggiurkan. Terlebih jika dihitung dari modal yang harus dikeluarkan dan pendapatan yang bisa diperoleh setelah masa panen. Investasi kayu Jabon merupakan sebuah cara jitu untuk mendapatkan keuntungan besar di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: